Sabtu, 26 November 2011

Sistem Operasi Komputer

          Semua komputer pasti mempunyai yang namanya 'Sistem Operasi' komputer, dimana sistem itu bekerja untuk menjalankan tugas, seperti mengirimkan inputan yang masuk melalui keyboard, mengirimkan output tampilan  pada layar monitor, menjaga file dan direktori agar tetap terjaga pada tempat penyimpanannya dan tentunya mengontrol perangkat tambahan lainnya, seperti disk drive, printer dll.

          Sistem operasi bertugas menjaga dan mengatur jalannya program aplikasi yang berbeda pada saat yang sama tanpa adanya tabrakan/crash satu dengan yang lain. Sistem operasi juga bertugas/memiliki tanggung jawab terhadap keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak dikenali tidak dapat mengakses sistem komputer.

Sistem operasi komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, seperti di  bawah ini :

  • Multi-user : mengizinkan dua atau lebih pengguna untuk menjalankan program dalam waktu yang bersamaan dan bahkan beberapa operating system mengizinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna untuk menjalankan program pada operating system tersebut dalam jangka waktu yang bersamaan.
  • Multi-processing : mendukung berjalannya program lebih dari satu CPU.
  • Multi-tasking : mengizinkan lebih dari satu program untuk berjalan secara bersamaan.
  • Multi-threading : mengizinkan bagian berbeda dari sebuah program untuk berjalan secara bersamaan.
  • Real time : merespon inputan secara cepat. Beberapa operating system umum seperti DOS, UNIX.
Sistem operasi menyediakan sebuah program dasar yang akan dijalankan pertama kali dari program-program yang lainnya. Dan program tersebut dinamakan program aplikasi. Aplikasi program harus tercatat agar bisa berjalan dalam sebuah operating system. Dan oleh karena itu pilihlah program aplikasi yang tepat untuk di jalankan pada sistem operasi yang kita miliki :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar